Mengenal Tanaman Hias Krokot

Tanaman krokot di Indonesia dikenal sebagai tanaman liar yang mudah tumbuh di lahan persawahan. Tanaman hias krokot ini mempunyai banyak jenis dan yang paling banyak di budidayakan di Indonesia adalah jenis hias yang biasa ditanam di halaman rumah.

Ciri – ciri tanaman ini memiliki batang berwarna coklat dengan sebagian kecilnya berwarna hijau biasanya terletak di bagian yang muda. Batangnya bersifat lembek sehingga dapat dipatahkan dengan mudah. Tanaman hias ini memiliki jenis yang sangat banyak, berikut ini cara menanam krokot yang  bisa anda coba di rumah anda.

Cara Menanam Bunga Krokot Dan Perawatannya

  1.  Persiapkan media tanam

Sebagai tanaman hias, tanaman hias ini biasa ditanam menggunakan media tanah humus di dalam pot. Sebagai tanaman hias gunakanlah pot ember sehingga anda bisa lebih mudah mengaturnya, bisa anda letakkan di halaman rumah atau menggantungnya di dinding rumah. pilihlah poybunga ukuran kecil sampai sedang supaya lebih mudah ketika ditata.

Gunakanlah tanah humus  dengan kandungan unsur hara organik yang cukup tinggi sehingga tanaman anda cepat tumbuh subur. Jika anda kesulitan membuat tanah humus sendiri anda bisa membelinya di toko bibit atau toko pertanian. Berikanlah tambahan pupuk organik ke dalam tanah humus anda.

  1. Tanam benih bunga hias

Bunga ini bisa anda tanam melalui biji atau potongan batangnya, namun hasilnya lebih baik jika menanam menggunakan benih. Setelah benihnya tumbuh hindarkan dari sinar matahari langsung setelah dirasa cukup kuat baru pindahkan ke tempat yang terkena cahaya matahari langsung.

  1. Perawatan tanaman

Setelah benih anda tumbuh dengan baik, tahap selanjutnya adalah menyusunnya sesuai dengan keinginan anda. Perawatan tanaman ini cukup mudah anda hanya perlu menyiram tanaman ini secara rutin, minimal penyiraman satu kali dalam satu hari. Karena tanaman ini sangat bergantung dengan adanya air.

Untuk hasil yang lebih baik, air yang anda gunakan untuk menyiram tanaman tambahkan dengan pupuk organik cair terlebih dahulu. Selain penyiraman anda juga wajib menjaga tanaman bunga anda dari rumput liar.

Anda hanya perlu melakukan pengecekan satu bulan sekali untuk memastikan bahwa tanaman anda bebas hama dan rumput liar. Setelah semua perawatan anda lakukan tinggal menunggu hasil dan menikmati keindahannya saja.

  1. Manfaat tanaman

Selain sebagai tanaman hias ternyata bunga krokot juga memiliki manfaat lain yaitu manfaat ekonomis. Tanaman kecil berbunga indah ini bisa menghasilkan uang dalam jumlah yang cukup banyak jika anda benar – benar menekuni budidaya tanaman krokot.

Setelah memahami cara menanam bunga krokot anda juga harus memahami jenis – jenis tanaman kecil yang indah ini. Berikut jenis – jenis tanaman krokot berdasarkan bentuk dari mahkota bunga tanaman kecil ini dibedakan menajadi dua macam yaitu bunga krokot dengan mahkota yang tipis dan bunga krokot dengan mahkota tebal atau bertumpuk.

[1] Jenis bunga dengan mahkota tipis

Berdasarkan mahkota tipisnya tanaman ini memiliki bunga dengan 6 warna yang berbeda diantaranya adalah merah, kuning, putih, pink, ungu dan putih susu. Ciri-ciri bunga ini bentuknya seperti mawar namun setiap kelopak bunganya memiliki struktur yang tipis dan jauh lebih kecil.

[2] Jenis – jenis bunga dengan mahkota tumpuk

Sama halnya dengan yang jenis mahkota tipis, mahkota tumpuk juga memiliki beberapa macam bunga diantaranya yaitu tumpuk warna ungu, tumpuk warna putih, tumpuk warna oranye, tumpuk warna pink dan dan kombinasi pink putih. Untuk tanaman yang kombinasi warnanya adalah yang dicari oleh banyak pencinta bunga hias.

Baca juga artikel ini : bagaimana cara menanam dan memelihara caladium

Tags: