Cara Terbaru Menanam Bayam Hidroponik 2018

Bayam merupakan salah satu jenis sayuran hijau yang banyak digemari. Sayuran ini kaya akan zat besi yang penting bagi kesehatan tubuh. Daripada membeli di pasar, Anda dapat menanam bayam sendiri di rumah. Jika lahan yang tersedia di rumah sangat terbatas, Anda dapat menanam dengan cara hidropnik. Tahap yang perlu dilakukan untuk cara menanam bayam hidroponik adalah penyemaian benih, pemindahan bibit tanaman, perawatan, dan panen.

Menanam bayam dengan cara hidroponik dapat dilakukan dengan menambahkan pupuk atau nutrisi pada media air. Jadi tanaman tetap mendapatkan nutrisi yang dibutuhkan untuk tumbuh secara maksimal. Bahkan dengan metode ini, bayam dapat menghasilkan daun yang lebih banyak daripada Anda menanamnya langsung di media tanah.

Model sistem hidroponik itu sendiri terdrii dari beberapa macam. Model pertama adalah sistem wick. Ini adalah model hidroponik yang paling sederhana. Pada model wick, tanaman bersifat pasif. Nutrisi akan diserap ke tanaman melalui sumbu atau media tumbuh. Contoh media tumbuh yang banyak digunakan adalah sabut kelapa.

Model selanjutnya adalah EBB and Flow. Ini adalah model yang bekerja dengan mengisi wadah pertumbuhan tanaman dengan nutrisi hingga air mencapai ketinggian batas tertentu. Nutrisi tersebut nantinya akan dikembalikan lagi ke tempat penampungan. Untuk sistem ini, Anda harus menggunakan pompa yang terhubung dengan timer agar timer dapat memberikan perintah untuk mengalirkan nutrisi ke wadah pertumbuhan.

Model hidroponik yang ketiga untuk cara menanam bayam hidroponik adalah dengan water culture. Ini adalah model yang tergolong sangat sederhana di mana tanaman ditempatkan ke wadah sebagai penyangga. Wadah tersebut biasanya terbuat dari bahan Styrofoam. Udara akan dipompa dan gelembung oksigen akan digunakan untuk akar tanaman. Selain itu, ada pula sistem drip yang menggunakan pompa dan timer. Dalam model ini, tanaman biasanya ditopang dengan sekam bakar, pasir, dan media lain agar tidak roboh.

Tahap pertama yang perlu dilakukan untuk cara menanam bayam hidroponik adalah menyiapkan peralatan di antaranya adalah media semai,net pot, benih bayam, media tanam, sprayer, ember, dan Styrofoam. Ember digunakan sebagai wadah untuk nutrisi hidroponik. Selanjutnya, Anda dapat mengikuti langkah – langkah menanam bayam hidroponik sebagai berikut:

  • Siapkan benih bayam untuk disemai. Untuk hidroponik, benih bayam dapat langsung disemai ke media tanam
  • Siram media tanam dengan air secukupnya
  • Letakkan biji bayam yang telah disiapkan di atas media tanam. Media tanam dapat diisi 3 -4 biji bayam agar dapat tumbuh lebat
  • Letakkan media tanam di area yang teduh supaya proses perkecambahan dari biji dapat lebih cepat. Benih akan mengeluarkan daun setelah berumur 3 hari.
  • Setelah memiliki daun, media tanam dapat dipindah ke tempat yang mendapat cahaya matahari
  • Periksalah kelembapan air pada media tanam supaya tanaman tidak kering
  • Jika sudah diletakkan di tempat yang mendapat sinar matahari, tunggu sampai bayam memiliki 4 – 5 helai daun. Kemudian pindahkan tanaman ke media tanam hidroponik
  • Gunakan sistem air yang tergenang dan sumbu. Bak penampung dapat menggunakan papan kayu berupa balok tanpa tutup. Wadah tersebut dapat membuat jumlah volume larutan yang ditampung menjadi lebih banyak daripada menggunakan talang air kotak
  • Net pot dapat menggunakan gelas plastik berukuran sedang dan diberi lubang
  • Untuk dudukan pot, Anda apat menggunakan Styrofoam yang diberi lubang. Bagian sumbu dapat menggunakan kain flannel yang telah dipotong – potong dengan panjang berukuran 3 cm

Demikian cara menanam bayam hidroponik. Sangat mudah dan sederhana bukan? Cara ini dapat Anda lakukan di rumah dengan memanfaatkan media yang ada. Penanaman dengan sistem hidroponik seperti ini akan menghasilkan bayam yang segar dan lebih sehat.

Tags: