Apa itu Tanaman Hias Nolina

Tanaman hias Nolina, atau nama lainnya adalah ponytail palm disebut juga kaki gajah merupakan salah satu tanaman hias yang berasal dari famili Asparagaceae. Memiliki bentuk yang unik, menyebabkan tanaman nolina menjadi salah satu tanaman hias favorit oleh ibu-ibu dan merupakan penghias gedung perkantoran mewah.

Tanaman ini pertama kali ditemukan oleh seseorang berkebangsaan Prancis di Mexico, sekitar tahun 1870. Setelah penemuan itu, perkembangan nolina berkembang cepat sebagai tanaman hias di seluruh dunia. Budidaya nolinapun gencar dilakukan.

Keunikan dan Kelebihan Nolina yang Menjadikannya Terkenal

1. Keunikan Nolina

Nolina memiliki bentuk yang unik. Dengan daun mirip ekor kuda yang menjuntai dan bonggol yang mirip pohon palem, adalah alasan tanaman nolina disebut juga ponytail palm. Tapi jangan salah, tanaman nolina tidak termasuk sebagai keluarga pohon palem. Karena keunikannya ini, tak jarang nolina digunakan sebagai tanaman hias indoor atau kadang digunakan sebagai bonsai. Pada umumnya, nolina berukuran kecil umumnya dijadikan hiasan pada sudut ruangan, sedangkan nolina berukuran besar dapat ditaruh di sekitar taman outdoor atau di tengah-tengah ruangan lobby.

Nolina bisa berada di dalam ruangan untuk jangka waktu satu bulan. Sebab, tanaman ini membutuhkan sinar matahari yang cukup untuk bertahan hidup. Sehingga, lebih baik untuk menanam atau menjadikan nolina sebagai tanaman hias outdoor.

2. Perawatan Nolina

Nolina lebih kuat berada pada tempat dengan iklim hangat sampai panas. Seperti contohnya, nolina tidak kuat berada di dataran tinggi, tapi lebih kuat berada pada dataran rendah dengan suhu 30-35 derajat celcius. Ada pula yang mengatakan suhu terbaik untuk nolina adalah 28-30 derajat celcius. Maka karena itu, nolina sangat membutuhkan sinar matahari atau bisa dikatakan membutuhkan penyinaran sepanjang hari.

Sebagai tanaman yang berasal dari dataran panas, tanaman nolina tidak cocok dengan penyiraman yang terlalu rutin. Alias, tidak perlu memberikan kelembapan ekstra pada tanaman satu ini. Cukup satu kali penyiraman setiap hari. Sebab, bonggol yang sebenarnya akar untuk menyimpan air bisa membengkak dan menyebabkan tanaman sakit. Selain itu, tanaman nolina paling cocok ditanam di media tanam seperti pupuk kompos atau tanah humus sebab lebih mampu menampung air untuk menyeimbangkan kelembapan.

Nolina berkembangbiak dengan cara generatif (menggunakan biji), sehingga membuatnya dapat berkembang biak setiap saat. Maka karena itu, pengawasan ekstra diperlukan bagi pemilik nolina dengan umur tua, sebab mencegah terjadinya perkembangbiakan di luar batas.

3. Kelebihan Nolina

Kehebatan dari tanaman hias nolina ialah tanaman ini tergolong tidak mudah tua, dan tidak perlu sering-sering diganti potnya. Satu pot pun sekiranya sanggup menahan pohon nolina selama satu tahun. Sehingga, pemelihara pohon ini tidak perlu repot-repot sering mengganti potnya. Kelebihan lain yang dimiliki ialah pohon nolina tergolong anti hama secara alami. Anda tidak perlu khawatir tanaman ini akan rusak diganggu hama.

Biasanya, bibit awal tanaman nolina yang diperjual belikan memiliki tinggi 20-40 cm dan bila sudah dewasa, tanaman ini bisa tumbuh sangat besar dan tinggi, bahkan bisa 100 m, dan batangnya bisa meliuk kesana kemari. Nah, tanaman nolina dengan batang meliuk umumnya lebih diminati oleh pembeli, sebab terlihat lebih unik dan tidak membosankan. Kelebihan nolina lainnya ialah liukan batang tanaman ini bisa dirangkai sendiri oleh pemiliknya. Tentu untuk merangkai liukan pada batang nolina dibutuhkan keahlian yang terlatih

Tags: